Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011)

Gemitasari, Rina and , Dra. Nursiam, M.H., Ak., CA (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NAHKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yaitu leverage, profitabilitas, umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan likuiditas. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011. Sampel yang digunakan adalah yang telah memenuhi kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 40 perusahaan per tahun sehingga diperoleh total sampel sebanyak 120 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji F, uji t, uji koefisien determinasi dengan melakukan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi terlebih dahulu. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel leverage dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dibuktikan dengan signifikansi kedua variabel tersebut kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Variabel profitabilitas, umur perusahaan, dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) karena signifikansinya lebih dari 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), leverage, profitabilitas, umur perusahaan, ukuran perusahaan, likuiditas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2013 12:40
Last Modified: 16 Nov 2021 01:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item