Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Jatisobo Tahun Pelajaran 2012/2013

Siamtini, Siamtini and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Jatisobo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (471kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) bagi siswa kelas IV SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah Guru. Sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah Siswa kelas IV SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi , tes tertulis, dan dokumentasi.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa. Hal tersebut dilihat dari indikator (1) Siswa yang megajukan pertanyaan sebelum tindakan 12,5%, setelah tindakan 58,33% (2) Siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan 8,33%, setelah tindakan 66,67% (3) siswa yang mau maju mengerjakan soal, sebelum tindakan 4,16%, setelah tindakan 62,5%. Adapun peningkatan hasil belajar diketahui dari jumlah siswa yang tuntas KKM sebelum tindakan ada 29,17%, setelah tindakan 66,67%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 03 Jatisobo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Hasil belajar, Matematika, CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 12:10
Last Modified: 25 Oct 2021 03:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23792

Actions (login required)

View Item View Item