Penggunaan Stad Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN 03 Sumberejo Tahun 2012/2013

Sugiyarti, Mamik and , Achmad Muthali’in, M.Si. (2013) Penggunaan Stad Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN 03 Sumberejo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (419kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan pada siswa kelas V SDN 03 Sumberejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang terdiri dari tiga siklus dengan menggunakan metode Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Sumberejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, jumlah siswa 22, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan sejak bulan Oktober sampai Desember 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kualitatif yang dilakukan dalam empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian sebelum siklus adalah 44,8% kemudian pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi sebesar sebesar 53,8 %. Pada siklus II ketuntasan mencapai 66,1% sehingga terjadi peningkatan nilai keaktifan dari siklus I ke siklus II. Kemudian pada siklus III menjadi 76,6% namun terdapat siswa yang belum mencapai indikator keaktifan yang ditetapkan karena 3 siswa lambat belajar. Dengan demikian maka kesimpulan dari hasil penelitian adalah “Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi cara makhluk hidup mempertahankan diri dengan lingkungannya Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, IPA, STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 11:14
Last Modified: 25 Oct 2021 03:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item View Item