Sugiyarti, Mamik and , Achmad Muthali’in, M.Si. (2013) Penggunaan Stad Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Mengidentifikasi Cara Makhluk Hidup Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan Pada Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN 03 Sumberejo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (278kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (419kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan keaktifan pada siswa kelas V SDN 03 Sumberejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang terdiri dari tiga siklus dengan menggunakan metode Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Sumberejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, jumlah siswa 22, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan sejak bulan Oktober sampai Desember 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kualitatif yang dilakukan dalam empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian sebelum siklus adalah 44,8% kemudian pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi sebesar sebesar 53,8 %. Pada siklus II ketuntasan mencapai 66,1% sehingga terjadi peningkatan nilai keaktifan dari siklus I ke siklus II. Kemudian pada siklus III menjadi 76,6% namun terdapat siswa yang belum mencapai indikator keaktifan yang ditetapkan karena 3 siswa lambat belajar. Dengan demikian maka kesimpulan dari hasil penelitian adalah “Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi cara makhluk hidup mempertahankan diri dengan lingkungannya Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar tahun 2012/2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, IPA, STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2013 11:14 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23781 |
Actions (login required)
View Item |