Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Strategi Team Assisted Individualization Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Sejarah Di Lingkungan Setempat Bagi Siswa Kelas IV Semester I SDN 05 Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Sudarmi., Sri and , Drs. Achmad Muthali’in, M.Si (2013) Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Strategi Team Assisted Individualization Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Sejarah Di Lingkungan Setempat Bagi Siswa Kelas IV Semester I SDN 05 Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (407kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (565kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa melalui penggunaan strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam mata pelajaran IPS materi Sejarah di Lingkungan Setempat bagi siswa kelas IV SDN 05 Tawangmangu Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Penelitian menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus meliputi tahap persiapan, observasi, implementasi tindakan, observasi dan interpretasi, dan refleksi. Tempat penelitian di Kelas IV SDN 05 Tawangmangu. Obyek penelitian ini berupa meningkatkan partisipasi siswa khususnya pada materi sejarah di lingkungan setempat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran TAI dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas IV dalam mata pelajaran IPS materi Sejarah di Lingkungan Setempat di SDN 05 Tawangmangu. Hasil penelitian ditandai dengan dengan peningkatan hasil observasi yaitu hasil observasi partisipasi siswa meningkat dari 56,41% pada siklus I menjadi 87,50% pada siklus II.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi siswa, Team Assisted Individualization (TAI).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 08:40
Last Modified: 25 Oct 2021 03:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23774

Actions (login required)

View Item View Item