Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Strategi Discovery Inquiry Di Kelas VI Sdn 03 Jatisuko Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Indarwati, Yayuk and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Strategi Discovery Inquiry Di Kelas VI Sdn 03 Jatisuko Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
A._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
B._BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
B._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
B._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
B._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab V)
B._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan strategi discovery inquiry. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 03 Jatisuko pada tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 12 orang. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan pengamatan ( observasi) dan tes. Jenis data kualitatif dianalisa dengan menggunakan diskriptif kualitatif, sedangkan data kuantitatif dianalisa dengan mengkorelasikan data dengan Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran IPA SDN 03 Jatisuko Jatipuro. Kedua jenis data dianalisa melalui tiga kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan setiap aspek minat belajar yang menjadi indikator tingginya minat belajar siswa, meliputi kesukaan belajar siswa mencapai peningkatan, pada siklus I mencapai 70% dan pada siklus II mencapai 90%. Ketertarikan belajar siswa siklus I mencapai 60% dan pada siklus II mencapai 88%. Perhatian siswa siklus I mencapai 73% dan siklus II mencapai 94%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 63% dan siklus II mencapai 93%. Tingkat ketuntasan belajar siswa kelas ini pada siklus I 83%, siklus II 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi discovery inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SDN 03 Jatisuko Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Penerapan strategi discovery inquiry dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Discovery Inquiry, Minat Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 07:44
Last Modified: 25 Oct 2021 03:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23770

Actions (login required)

View Item View Item