Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Pkn Siswa Kelas I SD Negeri 03 Gedong Kecamatan Karanganyar Tahun 2012/ 2013

Syamsiyah, Siti and , Dr. Anam Sutopo, M.Hum (2013) Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Pkn Siswa Kelas I SD Negeri 03 Gedong Kecamatan Karanganyar Tahun 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (461kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (518kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahuai apakah dengan peningkatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS dan PKn pada siswa kelas I SD Negeri 03 Gedong Karanganyar tahun 2012/ 2013 atau tidak. 2) Untuk mengetahui sejauhmana peningkatan belajar IPS dan PKn dengan media gambar bagi siswa kelas I SD Negeri 03 Gedong Karanganyar. 3) Untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam mempelajari IPS dan PKn pada siswa kelas I SD Negeri 03 Gedong Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 03 Gedong Karanganyar tahun 2012 / 2013 dengan jumlah siswa yang dijadikan obyek 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dan PKn siswa kelas I SD Negeri 03 Gedong Kecamatan Karanganyar tahun 2012/ 2013. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil belajar siswa pada kondisi awal 67,5% siklus I rata-rata kelas 68,00% pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 81,11%. 2) Peningkatan penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS dan PKn siswa SD Negeri 03 Gedong Kecamatan Karanganyar tahun 2012/ 2013 dari kondisi awal sampai dengan siklus II yaitu rata-rata kelas sebesar 67,5% dan pada siklus II rata-rata kelas sebesar 81,11% sehingga mengalami peningkatan sebesar 14%. 3) Peningkatan prestasi belajar IPS dan PKn dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas I SD Negeri 03 Gedong Kecamatan Karanganyar tahun 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media gambar, prestasi belajar, IPS dan PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 06:21
Last Modified: 25 Oct 2021 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23765

Actions (login required)

View Item View Item