Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Berhitung Melalui Permianan Kartu Huruf, Gambar Dan Angka Pada Pembelajaran Tematik (Bahasa Indonesia Dan Matematika) Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 01 Gedong Kecamatan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Qomariyatun, Alis and , Dr. Anam Sutopo, M.Hum (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Berhitung Melalui Permianan Kartu Huruf, Gambar Dan Angka Pada Pembelajaran Tematik (Bahasa Indonesia Dan Matematika) Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 01 Gedong Kecamatan Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (391kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui apakah metode membaca dan berhitung melalui permainan kartu huruf, gambar dan angka dalam belajar temetik (bhs Indonesia dan matematika) dapat meningkatkan prestasi belajar bagi anak kelas 1 SD Negeri 01 Gedong Kec. Karanganyar Kab. Karanganyar. 2. Untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar tematik (bhs Indonesia dan Matematika) dengan menggunakan Metode Permainan Kartu Huruf, Gambar Dan Angka bagi Siswa Kelas 1 SDN 01 Gedong Kec. Karanganyar. 3. Untuk mengetahui bagaimana penerapan mengejarkan tematik (bhs Indonesia dan Matematika) bagi Siswa Kelas 1 SDN 01 Gedong Kec. Karanganyar. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelas 1 SD Negeri Gedong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 20 anak terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi. Sedangkan Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan siklus II yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya pengembangan kemampuan membaca dan berhitung pada anak didik kelas 1 SD Negeri Gedong Kec. Karanganyar Kab. Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengembangan kemampuan membaca dan berhitung dari sejumlah anak didik yang pada kondisi awal hanya 0 anak didik yang mempunyai perkembangan yang sesuai harapan dalam kemampuan membaca dan berhitung, pada siklus I ada 1 anak yang berkembang sangat baik dan siklus II menjadi 12 anak yang kemampuan membaca dan berhitung berkembang sangat baik. Prosentase rata-rata kemampuan membaca dan berhitung anak juga mengalami pengembangan. Pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan membaca permulaan anak adalah sebesar 62,79 %, siklus I sebesar 71,59 % dan pada siklus II meningkat menjadi 82,85 %. Hasil Penelitian, penggunaan metode Permainan Kartu Huruf, Gambar Dan Angka dapat mengembangkan kemampuan membaca dan berhitung pada anak didik kelas 1 SD Negeri Gedong Kec. Karanganyar Kab. Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Dan Berhitung, Metode Permainan Kartu Huruf, Gambar Dan Angka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2013 06:13
Last Modified: 25 Oct 2021 03:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23764

Actions (login required)

View Item View Item