Subekti, Atik Dwi and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Tentang Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV Di SDN Pereng Kecamatan Prambanan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_NEW.pdf Download (292kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 terhadap bilangan pecahan melalui strategi Numbered Heads Thogether (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang melakukan tindakan adalah guru matematika SDN 2 Pereng. Subjek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pereng, Kecamatan Prambanan, KabupatenKlaten yang terdiri dari 15 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pemeriksaan validitas data menggunakan metode triangulasi dan teknik analisis data menggunakan teknik kritis dan komparatif. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil penelitian adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan strategi Numbered Heads Thogether(NHT) dilihat dari aspek (1) aktivitas bertanya sebelum tindakan 33,3,%, dan di akhir tindakan 100%. (2) aktivitas menjawab pertanyaan sebelum aktivitas 46,6% dan diakhir tindakan 93%. (3) aktivitas maju ke depan kelas sebelum tindakan 33,3% diakhir tindakan 93%. (4) hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebelum tindakan 33,3% dan diakhir tindakan 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan ditetapkannya strategi Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tentang bilangan pecahan di SDN Pereng Kecamatan Prambanan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktifitas siswa,hasil belajar, bilangan pecahan, Numbered Heads Together |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 18 Apr 2013 07:05 |
Last Modified: | 24 Oct 2021 13:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23703 |
Actions (login required)
View Item |