Meningkatkan Minat Belajar PKn dengan Strategi Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 1 Socokangsi Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Sudarmi, Tri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Meningkatkan Minat Belajar PKn dengan Strategi Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas IV Semester II SDN 1 Socokangsi Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (617kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (931kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV SD N 1 Socokangsi melalui strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom actionresearch).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Socokangsi. Sedangkan objek penelitian adalah minat belajar siswa. Lokasi penelitian di SD N 1 Socokangsi, Jatinom, Klaten.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya memiliki komponen tindakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Numbered Heads Together (NHT). Pembelajaran dengan penerapan strategi Numbered Heads Together (NHT) adalah suatu strategi dalam pembelajaran dan pengajaran dengan jalan melatih anak untuk bekerja sama atau kerja kelompok dalam memecahkan persoalan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa kualitatif dan kuantitatif.Indikator pencapaian pada penelitian ini adalah jika 80% siswa memiliki perasaan senang terhadap mata pelajaran PKn, 80% ketertarikan siswa, 80% perhatian siswa dalam pembelajaran, 85% keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan 80% siswa memperoleh nilai > 65 (KKM yang telah ditentukan). Berdasarkan hasil penelituan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran Numberad Heads Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar siswa disertai dengan peningkatan hasil prestasi siswa. Meningkatnya minat belajar siswa ditandai pada pra siklus minat belajar siswa rata-rata 20%, pada siklus I rata-rata 62% ,dan pada siklus II rata-rata 86%. Meningkatnya hasil belajar siswa ditandai pada pra siklus nilai rata-rata 50, siklus I rata-rata 64,6 dan siklus II menjadi 71 dan presentase ketuntasan pra siklus 24%, siklus I meningkat menjadi 52% dan siklus II menjadi 88%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar PKn, Strategi Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Apr 2013 12:33
Last Modified: 24 Oct 2021 12:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23684

Actions (login required)

View Item View Item