Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Angka Pada Anak Kelompok B TK 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 /2013

Maryani, Maryani and , Dr. Hj. Darsinah, S.E, M.Si. (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Angka Pada Anak Kelompok B TK 01 Kalisoro Tawangmangu Karanganyar Tahun Pelajaran 2012 /2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (681kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (482kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak TK 01 Kalisoro Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui permainan angka dengan media pohon hitung. Penelitian ini menggunakan data interaktif dan konferaktif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Metode yang digunakan yaitu metode observasi dan catatan lapangan. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi data. kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya peningkatan pencapaian kemampuan berhitung anak dengan rata-rata yang diperoleh pada kondisi awal atau Pra siklus adalah 43,75%, kemudian pada siklus I 68,75%, dan pada siklus II 81,25%. 2) adanya peningkatan pencapaian prosentase indicator penelitian berhitung anak dengan rata-rata pada kondi awal atau pra siklus 43,75%, siklus I 56%, dan pada siklus II 80%. Berdasarkan fakta tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melaluli permainan angka dengan media pohon hitung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B, TK 01 Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karangnyar Tahun Pelajaran 2012/ 2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung anak, Pohon Hitung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Apr 2013 06:56
Last Modified: 27 Oct 2021 07:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23664

Actions (login required)

View Item View Item