Peningkatan Keaktifan Bertanya Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Siswa Kelas V SDN 2 Temurejo Blora Tahun Ajaran 2012/2013

Lestariningrum, Dwi Mugi and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Bertanya Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Learning Start With A Question (LSQ) Siswa Kelas V SDN 2 Temurejo Blora Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (509kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (554kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1) untuk meningkatkan keaktifan bertanya pada mata pelajaran melalui strategi pembelajaran Learning Start With A Question, dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa melalui strategi pembelajaran Learning Start With A Question. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Temurejo Blora, yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) peningkatan keaktifan bertanya dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan bertanya pada mata pelajaran Matematika meliputi: a) antusias siswa dalam bertanya sebelum tindakan 37,5%, siklus I 75%, dan di siklus II 81,25%, b) keberanian siswa dalam mengemukakan pertanyaan sebelum tindakan 45%, siklus I 87,5%, dan di siklus II 93,75%, c) ketepatan dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 31,25%, siklus I 81,25%, dan di siklus II 87,5%, d) keaktifan siswa berdiskusi dengan teman sebangku sebelum tindakan 37,5%, silkus I 68,75%, dan di siklus II 87,5%, (2) peningkatan hasil belajar Matematika yang memperoleh nilai ≥ KKM 70 sebelum tindakan 37,5%, siklus I 62,5%, dan di siklus II 87,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Learning Start With A Question dapat meningkatkan keaktifan bertanya dan hasil belajar Matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan bertanya, hasil belajar, Learning Start With A Question
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2013 12:01
Last Modified: 31 Oct 2021 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23652

Actions (login required)

View Item View Item