Naharin, Nila Fitriani and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf Download (196kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (137kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Trucuk melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking. Jenis penelitian ini termasuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Trucuk yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus II adalah : 1) Antusias siswa dalam menerima pembelajaran 84,61%, 2) Kemauan mendengarkan penjelasan dari guru 88,61%, 3) Keberanian menjawab pertanyaan 80,77%, 4) Kemauan mengerjakan soal latihan 92,31%, 5) Lebih senang bekerja mandiri 84,61%, 6) Dapat mempertahankan pendapatnya 76,92%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebesar 46,15% atau 12 siswa, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau 65,38% dan meningkat pada siklus II mencapai 22 siswa atau 84,61%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Trucuk Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, Guided Note Taking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2013 06:28 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23571 |
Actions (login required)
View Item |