Triatmojo, Taslim and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Berbicara dengan Media Story Board pada Materi Menanggapi Suatu Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 (Ptk Terhadap Siswa Kelas 5 Sdn Pringanom 3 Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (555kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (497kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dengan media Story Board untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan. Subjek penelitian ini adalah guru dan semua siswa kelas V SD N Pringanom 3 tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan kemampuan berbicara putaran pertama didapatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebanyak 28%. Sedangkan dari penilaian kemampuan berbicara didapatkan siswa yang mendapat total nilai 45-54 sebanyak 1 siswa (4%), 55-64 sebanyak 6 siswa (24%), 65-74 sebanyak 6 siswa (24%), dan 75-84 sebanyak 13 siswa (48%). Dari hasil peningkatan kemampuan berbicara putaran kedua didapatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sebanyak 16,8%. Sedangkan dari penilaian kemampuan berbicara didapatkan siswa yang mendapat total nilai 55-64 sebanyak 3 siswa (12%), 65-74 sebanyak 6 siswa (24%), dan 75-84 sebanyak 16 siswa (64%). Penggunaan media story board pada pokok bahasan menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan dapat meningkatkan kemampuan berbiacara siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Story board, Kemampuan berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2013 05:40 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23566 |
Actions (login required)
View Item |