Peningkatan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Melalui Metode Pembelajaran Edutainment (Education Entertainment) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempelrejo I Mondokan Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Hamidah, Qoumi Ghonin and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H., M.Pd. (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Melalui Metode Pembelajaran Edutainment (Education Entertainment) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tempelrejo I Mondokan Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (983kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (728kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar melalui penerapan metode edutainment (education entertainment) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV SD Negeri Tempelrejo 1 Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tempelrejo 1 Kecamatan Mondokan Sragen. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui tiga siklus. Dari hasil tindakan siklus I sampai siklus III terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif. Berdasarkan penerapan metode edutainment dapat disimpulkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA meningkat. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang digunakan peneliti untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pada Siklus I siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dengan total skor 9-12 sebanyak 8 siswa (30,77%) Sedangkan nilai hasil test mulai meningkat dari sebelumnya yaitu dengan banyaknya siswa siswa yang nilainya lebih dari sama dengan 70 sebanyak 16 siswa (61,54%). Pada Siklus II Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan total skor 9-12 sebanyak 19 siswa (73,08%). Sedangkan nilai hasil test mulai meningkat dari sebelumnya yaitu dengan banyaknya siswa siswa yang nilainya lebih dari dan sama dengan 70 sebanyak 18 siswa (69,23%). Pada Siklus III ada peningkatan motivasi belajar tinggi dengan total skor 9-12 sebanyak 25 siswa (96,15%). Sedangkan nilai test mengalami peningkatan yaitu banyaknya siswa yang lebih dari sama dengan 70 sebanyak 23 siswa (88,46%). Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode edutainment dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Tempelrejo 1 Kecamatan Mondokan Sragen tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, metode edutainment.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:07
Last Modified: 31 Oct 2021 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23559

Actions (login required)

View Item View Item