Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Pos PAUD Dahlia VII Desa Pondok Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011/2012

Yusanti, Ami and , Aryati Prasetyarini, M.Pd and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Audio Visual Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Pos PAUD Dahlia VII Desa Pondok Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (659kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (809kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosa kata bahasa Inggris melalui penggunaan media audio visual terhadap penguasaan kosa kata Bahasa Inggris anak usia 4-5 tahun POS PAUD Dahlia V11 desa Pondok, Grogol, Sukoharjo tahun 2011-2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian tindakan ini adalah anak usia 4-5 tahun di POS PAUD Dahlia V11 desa Pondok, Grogol, Sukoharjo yang berjumlah 16 anak. Penelitian ibi bersifat kolaborasi antara peneliti dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi yaitu dengan lembar observasi meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak melalui media audio visual, wawancara yang digunakan adalah peneliti dengan guru, peneliti dengan anak, dan dokumentasi adalah foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris anak usia 4-5 tahun di POS PAUD Dahlia V11 desa Pondok, Grogol, Sukoharjo sebelum silakukan tindakan penelitian kelas sebesar 34,11%. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu melalui media audio visual dapat meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris diperoleh hasil siklus I menjadi 45,31% dan siklus ke II meningkat menjadi 58,59% kemudian siklus ke III meningkat menjadi 79,42%. Adapun langkah-langkah penggunaan media audio visual yang berhasil adalah sebagai berikut : (a) menyiapkan dan melakukan uji coba perangkat media sebelum kegiatan pembelajaran; (b) menjelaskan terlebihdahulu kegiatan yang akan dilakukan beserta aturan mengikuti kegiatan; (c) Mengkondisikan suasana kelas agar anak merasa merasa senang; (d) menghidupkan DVD dan TV; (e) mengajak anak untuk melihat dan memperhatikan tampilan; (f) mengajak anak untuk menyebutkan kata secara bersama-sama; (g) menugaskan anak untuk mengerjakan lembar kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kosa kata bahasa Inggris Anak Usia Dini, Media Audio Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Apr 2013 12:08
Last Modified: 22 Oct 2021 02:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23538

Actions (login required)

View Item View Item