Peningkatan Keaktifan Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bilangan Bulat Dan Pecahan Melalui Strategi Interaktif Dengan Face To Face Discussion Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Matematika Kelas Vii F Smp Negeri 1 Geyer

PRAYITNO, EDY SETYO and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2013) Peningkatan Keaktifan Dan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Bilangan Bulat Dan Pecahan Melalui Strategi Interaktif Dengan Face To Face Discussion Dalam Menyelesaikan Soal – Soal Matematika Kelas Vii F Smp Negeri 1 Geyer. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (655kB)
[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Geyer dalam pembelajaran matematika, 2) Untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Geyer dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan kelas VII F SMP Negeri 1 Geyer berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian : 1) menunjukkan peningkatan keaktifan siswa, dilihat dari : a) siswa yang mengajukan pertanyaan sebelum tindakan (9,1%), setelah tindakan menjadi (51,5%), b) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan (15,2%), setelah tindakan menjadi (63,6%), c) siswa yang aktif bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan (21,3%), setelah tindakan menjadi (93,9%). 2) menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa, dilihat dari : a) antusias siswa mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan (12,1%), setelah tindakan menjadi (81,8%), b) antusias siswa yang mempresentasikan hasil diskusi kelompok sebelum tindakan (9,1%), setelah tindakan menjadi (54,5%), c) antusias membantu siswa yang mengalami kesulitan saat mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan (12,1%), setelah tindakan menjadi (63,6%). Kata kunci : keaktifan, motivasi, interaktif, discussion

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, motivasi, interaktif, discussion
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 10 Apr 2013 11:06
Last Modified: 01 Nov 2021 20:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23529

Actions (login required)

View Item View Item