Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Team Quiz Pada Siswa Kelas VIII.A SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Yeni, Rezky Novita and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd and , Dra.Wafrotur Rohmah,S.E,M.M (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Team Quiz Pada Siswa Kelas VIII.A SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII.a SMP Negeri 3 Sawit Boyolali, Tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan penerapan strategi pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII.a SMP Negeri 3 Sawit Boyolali, tahun ajaran 2012/2013. Langkah-langkah yang berhasil adalah sebagai berikut:1) Apersepsi dan motivasi. 2) Peneliti meminta siswa membentuk menjadi empat kelompok dan tiap-tiap kelompok membahas materi yang berbeda-beda dan mempersentasikannya. 3) Peneliti meminta kelompok A menyiapkan pertanyaan untuk diberikan pada kelompok B, jika kelompok B tidak bisa menjawab lempar pertanyaaan pada kelompok C atau D. 4) Kelompok A memberi pertanyaan kepada kelompok C, jika kelompok C tidak bisa menjawab, lempar pertanyaan kepada kelompok D atau B. 5) Minta kelompok B untuk menjadi penanya, lanjutkan seperti proses kelompok A. 6) Setelah kelompok B selesai, minta kelompok C dan kelompok D sebagai penanya, lakukan seperti proses kelompok A. 7) Guru kolaborasi mengamati di belakang sambil melakukan observasi keaktifan siswa, melaksanakan pencatatan lapangan tentang situasi kelas, cara mengajar serta penyampaian stratgi pembelajaran. 8) sebelum pembelajaran selesai guru dan peneliti melakukan refleksi dan sedikit evaluasi mengenai pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Team Quiz, Keaktifan siswa, Ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2013 05:47
Last Modified: 28 Oct 2021 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23513

Actions (login required)

View Item View Item