Delta SP, Elyaniar and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Penerapan Strategi Pembelajaranguide Note-Taking (GNT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Siswa Kelas VIII B SMP N 3 Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (394kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (658kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (441kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematika kelas VIIIB SMP N 3 Colomadu. Dimana dalam proses belajar mengajarnya menerapkan strategi pembelajaran Guide Note-taking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian PTK. Subjek penerima tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP N 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Subjek pemberi tindakan adalah guru SMP N 3 Colomadu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa SMP N 3 Colomadu pada proses belajar mengajar matematika yang menerapkan strategi pembelajaran Guide Note-taking. Hasilnya dapat kita lihat dari indikator-indikator minat belajar, yaitu: (1) kemauan siswa mengerjakan tugas rumah (PR) meningkat dari 46,9% menjadi 96,9%, (2) keberanian siswa untuk bertanya tentang materi yang belum paham dari 9,4% menjadi 56,3% (3) kesiapan siswa yang mengerjakan latihan soal didepan kelas dari 9,4% menjadi 62,5% serta dari peningkatan indikator pemahaman konsep, yaitu kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah dari 31,3% menjadi 78,1%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Guide Note-taking dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep matematika kelas VIIIB SMP N 3 Colomadu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guide note-taking, minat belajar, pemahaman konsep. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Apr 2013 08:42 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 20:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23487 |
Actions (login required)
View Item |