Hanifah, Hanifah (2013) Penerapan Papan Magnetik Dan CD Warna Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Kelas IV SDN Kleco I Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (345kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (230kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV.1 SD Negeri Kleco I No.07 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas IV.1. Subjek penelitian ini adalah siswasiswi kelas IV.1 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode interaktif. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan papan magnetik dan CD warna dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat mata pelajaran matematika siswa kelas IV.1 SD N Kleco I No. 07 Surakarta. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa untuk dapat menghitung bilangan bulat sebelum tindakan 46,15% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 94,87%, 2) Kemampuan dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 33,34% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 87,17%, 3) kemampuan dalam menjelaskan konsep-konsep sebelum tindakan 23,07% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 89,74%. Berdasarkan penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan papan magnetik dan CD warna dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV.1 SD N Kleco I No. 07 Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, operasi hitung bilangan bulat, papan magnetik dan CD warna |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 03 Apr 2013 12:06 |
Last Modified: | 03 Apr 2013 12:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23464 |
Actions (login required)
View Item |