Kurniyawati, Nila and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Spasial Melalui Model Pembelajaran Gerlach Dan Ely Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII A di SMP N 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (583kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (656kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan spasial dengan menerapkan model pembelajaran Gerlach dan Ely bagi siswa kelas VIII A SMP N 2 Colomadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas VIII A berperan sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 32 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan spasial. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan spasial melalui model pembelajaran Gerlach dan Ely yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) menyebutkan sifat-sifat bangun ruang yang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 15,62%, dan diakhir tindakan menjadi 84,37% (2) menyebutkan contoh benda nyata yang menyerupai bangun ruang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 21,87%, dan diakhir tindakan menjadi 81,25% (3) memvisualisasikan gambar yang dimaksud kemudian mengoperasikan bilangan-bilangan ke dalam rumus sebelum tindakan 12,5%, dan diakhir tindakan menjadi 87,37%, (4) menggambar atau melukis bangun ruang yang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 25%, dan diakhir tindakan menjadi 78,12%, dan (5) membuat alat peraga yang menyerupai bangun ruang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 21,87%, dan diakhir tindakan menjadi 78,12%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Gerlach dan Ely dapat meningkatkan kemampuan spasial.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan spasial, Gelach dan Ely. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2013 07:17 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 22:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23447 |
Actions (login required)
View Item |