Kristaliya, Dian and , Triastuti Rahayu, S.Si, M.Si (2013) Efektivitas Penggunaan Mind Mapping Dan Concept Map Untuk Pendalaman Materi IPA Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_Halaman__Depan.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
08_Naskah__Publikasi.pdf Download (602kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi dan efektivitas antara pembelajaran yang menggunakan Mind Mapping dan Concept Map pada pendalaman materi IPA Biologi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment, bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono. Sampel menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas IX A sebagai eksperimen I (menggunakan Concept Map), kelas IX C sebagai eksperimen II (menggunakan Mind Mapping) dan kelas IX H sebagai kelas kontrol. Tehnik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, indeks kesukaran soal, daya beda, reliabilitas dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (One Way Anova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung (13,591) lebih besar dari Ftabel (3,106). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F apada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 83) yaitu sebesar 3,106 maka H0 ditolak, yang berarti dari uji hipotesis anova satu jalan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata nilai hasil postest siswa menggunakan Mind Mapping lebih tinggi (79,48) dibanding dengan Concept Map (69,94) dan kontrol (72,67) hal ini didukung pula berdasar penilaian aspek afektif siswa pada pembelajaran menggunakan Mind Mapping lebih tinggi daripada Concept Map dan kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan Mind Mapping lebih efektif digunakan untuk pendalaman materi IPA Biologi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | concept map, mind mapping, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2013 06:34 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 19:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23443 |
Actions (login required)
View Item |