Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Al Islam 3 Surakarta Antara Tes Tulis Dan Tes Lisan Ditinjau Dari Konsep Diri

Fitriani, Fitriani and , Triastuti Rahayu, S.Si, M.Si (2013) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Al Islam 3 Surakarta Antara Tes Tulis Dan Tes Lisan Ditinjau Dari Konsep Diri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_Jurnal.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk tes dan konsep diri terhadap hasil belajar Biologi di SMA Al Islam 3 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, sebagai variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar biologi. Variabel bebas pertama sebagai perlakuan adalah bentuk tes, yaitu tes tulis dan tes lisan. Variabel bebas kedua yaitu konsep diri yang dibedakan menjadi konsep diri tinggi, sedang, rendah. Data konsep diri didapatkan dari hasil angket skala likert. Desain penelitian menggunakan twogroup post test only, dengan 2 ulangan dan populasi 40 siswa. Hasil analisis paired sample t test dan two way anova hasil menunjukkan; (1) Ada perbedaan nilai ulangan harian mata pelajaran biologi dengan tes tulis dan lisan pada siswa SMA Al Islam 3 Surakarta Tahun Akademik 2012; (2) Siswa yang memiliki konsep diri tinggi memiliki hasil belajar biologi yang tinggi melalui tes tulis dan tes lisan; (3) Siswa yang memiliki konsep diri rendah memiliki hasil belajar biologi yang rendah melalui tes tulis dan tes lisan; (4) Tidak ada interaksi antara tes tulis dan tes lisan dengan konsep diri dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMA Al Islam 3 Surakarta Tahun Akademik 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tes tulis, tes lisan, konsep diri, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2013 06:21
Last Modified: 03 Nov 2021 19:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23442

Actions (login required)

View Item View Item