Persepsi Mahasiswa Biologi Tentang Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Oleh Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UMS Tahun Akademik 2012/2013

Ismiyanto, Mazwar and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Persepsi Mahasiswa Biologi Tentang Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Oleh Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UMS Tahun Akademik 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01._BAB_I.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Bab II)
02._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
03._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
04._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
05._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06._Daftar_PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
07._LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

PPL (Program Pengalaman Lapangan) merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan teori-teori yang mereka dapat sebagai wujud persiapan menjadi seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan PPL mahasiswa biologi FKIP UMS, untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa biologi terhadap PPL, mengungkapkan harapan mahasiswa, guru pamong, dan dosen pembimbing pada PPL yang akan datang. Jenis dari penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan strategi berupa studi kasus. Sumber data dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan, dokementasi dan angket. Hasil data angket diperoleh dari 120 mahasiswa dengan menggunakan proposional random sampel untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS tentang PPL tahun 2012, wawancara dilakukan kepada mahasiswa yang telah mengikuti PPL, guru pamong, dan dosen pembimbing. Data dianalisa dengan teknik triangulasi, yaitu memadukan dan menggeneralisasikan hasil data dalam kalimat deskriftif secara terperinci dan apa adanya. Berdasarkan hasil penelitian 95 atau 79,2% mahasiswa menyatakan hal yang harus diperbaiki yaitu dari segi waktu dan pendaftaran. Sebanyak 42 atau 35% mahasiswa menyatakan laboratorium IPA di sekolah mitra kurang memiliki media/peralatan yang lengkap, banyak yang rusak dan tidak terawat, manajemen serta pengelolaan perlu diperbaiki. Dari 40 atau 33,3% mahasiswa beranggapan bahwa guru pamong kurang menguasai inovasi pembelajaran sehingga guru pamong perlu mengikuti suatu pelatihan atau program khusus dan guru pamang memanfaatkan mahasiswa PPL untuk menggantikannya mengajar. Sebanyak 107 atau 89,2% mahasiswa menyatakan bahwa kinerja dosen pembimbing perlu ada perbaikan terutama tugas dalam mengevaluasi dan membimbing mahasiswa PPL. Dari 32 atau 26,7% mahasiswa berpendapat bahwa penarikan PPL yang masih terkendala dan adanya permintaan kenang-kenangan kepada sekolah mitra hingga di luar batas kemampuan mahasiswa. Sebanyak 113 atau 94,2% mahasiswa menyatakan mahasiswa PPL lainnya untuk memperoleh hasil akhir wajib melaksanakan ujian praktik mengajar, hal ini sesuai dengan ketentuan guru pamong. Disimpulkan bahwa keterkaitan antara pihak penyelenggara PPL, dosen pembimbing, guru pamong, dan mahasiswa sangat penting dalam melancarkan sistem pelaksanaan PPL. Mahasiswa Pendidikan Biologi dan mahasiswa PPL lainnya wajib melaksanakan ujian praktik mengajar sesuai dengan ketentuan guru pamong, mahasiswa perlu berlatih dalam penguasaan kelas, manajemen waktu, inovasi metode, dan membuat RPP.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi, PPL, mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 Apr 2013 11:52
Last Modified: 03 Nov 2021 19:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23434

Actions (login required)

View Item View Item