ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PENERBANGAN KOMERSIAL (Studi Kasus Penumpang Rute Solo-Jakarta di Bandara Adisumarmo Surakarta)

PUSPASARI , AZIZAH (2008) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PENERBANGAN KOMERSIAL (Studi Kasus Penumpang Rute Solo-Jakarta di Bandara Adisumarmo Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050178.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img]
Preview
PDF
A210050178.pdf

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi penumpang rute perjalanan Solo-Jakarta di Bandara Adisumarmo Surakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang transportasi penerbangan komersial rute Solo-Jakarta di Bandara Adisumarmo Surakarta. Sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang responden, yang diambil dari maskapai penerbangan domestik yang beroperasi di Bandara Adisumarmo yang menangani rute penumpang Solo-Jakarta, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, dan Asia Air. Dalam penelitian ini sampling yang digunakan adalah sampling insidental. Pengumpulan data dengan menggunakan questioner, data diolah menggunakan analisis regresi berganda uji F dan uji t dengan bantuan program SPSS for Windows V. 10.5. Sebelum dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji statistik meliputi uji normalitas Kolmogorov -Smirov dan uji linieritas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harga tiket (X1), variabel adanya promosi/iklan (X2), variabel pelayanan dan kenyamanan (X3), variabel keamanan dan keselamatan (X4), variabel waktu tempuh (X5), pengaruh kelompok referensi (X6) berpengaruh secara bersama terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan transportasi penerbangan komersial (Y), ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 12.042 sementara F tabel dengan n = 60, pada variabel k – 1 = 5 atau (55;5) sebesar 2,37 atau (12,024 > 2,37) didukung nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kelompok referensi (X6) berpengaruh positif paling besar terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan transportasi penerbangan komersial (Y) yaitu ditunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0.634. Didukung nilai t hitung sebesar 5,681 semester t tabel n 60 = 2,000 atau 5,681 > 2,000. Sumbangan relatif pengaruh kelompok referensi (X6) adalah yang terbesar 37,29% dan sumbangan efektif sebesar 21,52% yang paling tinggi yaitu sebesar terhadap perilaku konsumen dalam menggunakan transportasi penerbangan komersial (Y).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: faktor perilaku konsumen
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Jun 2009 07:28
Last Modified: 16 Nov 2010 23:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

View Item View Item