Pemanfaatan Sari Tebu Dalam Pembuatan Yoghurt Dengan Penambahan Lactobacillus Bulgaricus Dan Sari Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus)Pada Konsentrasi Yang Berbeda

Putri, Kurnia Julianti and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Pemanfaatan Sari Tebu Dalam Pembuatan Yoghurt Dengan Penambahan Lactobacillus Bulgaricus Dan Sari Buah Naga Merah (Hylocereus Polyrhizus)Pada Konsentrasi Yang Berbeda. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_halaman_depan.pdf

Download (716kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_naskah_publikasi.pdf

Download (333kB)

Abstract

Yoghurt merupakan suatu produk olahan minuman dari hasil fermentasi. Penelitian ini menggunakan sari tebu sebagai bahan utama dalam pembuatan yoghurt yang menggunakan stater Lactobacillus bulgaricus dan sari buah naga merah sebagai pewarna alami. Kandungan sukrosa yang tinggi sari tebu merupakan salah satu komponen utama untuk pertumbuahan bakteri asam laktat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan Lactobacillus bulgaricus dan sari buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) pada konsentrasi yang berbeda terhadap uji organoleptik yoghurt. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen, dengan jumlah 12 perlakuan kombinasi antara Lactobacillus bulgaricus 2, 4, dan 6% sedangkan sari buah naga 0 (kontrol), 3, 6, dan 9%. Hasil uji organoleptik berupa data angket. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi Lactobacillus bulgaricus yang berbeda sangat berpengaruh terhadap kualitas organoleptik yoghurt sari tebu. Yoghurt sari tebu yang paling diterima pada pemberian 100 ml sari tebu dengan penambahan Lactobacillus bulgaricus 6% dan ekstrak buah naga 3% (perlakuan L3N1) yaitu warna merah muda, rasa asam, aroma khas yoghurt, dan tekstur tidak kental serta 100 ml sari tebu dengan penambahan Lactobacillus bulgaricus 6% dan ekstrak buah naga 6% (perlakuan L3N2) yaitu warna merah, rasa asam, aroma khas yoghurt, dan tekstur tidak kental.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sari tebu, yoghurt, Lactobacillus bulgaricus, buah naga merah, uji organoleptik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 07:03
Last Modified: 03 Nov 2021 19:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item