Hubungan Antara Mata Kuliah Micro Teaching Dan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Mengajar Dalam Mata Kuliah Praktik Program Pengalaman Lapangan Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009

Sistiani, Dwi and , Drs.Samian,M.M (2013) Hubungan Antara Mata Kuliah Micro Teaching Dan Minat Menjadi Guru Terhadap Kesiapan Mengajar Dalam Mata Kuliah Praktik Program Pengalaman Lapangan Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan: 1) Mata kuliah microteaching terhadap kesiapan praktik PPL pada mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi angkatan 2009; 2) Minat menjadi guru terhadap kesiapan praktik PPL pada pada mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi angkatan 2009; 3) Mata kuliah microteaching dan minat menjadi guru terhadap kesiapan praktik PPL pada pada mahasiswa jurusan pendidikan akuntansi angkatan 2009. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuntitatif dengan mencari kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi sebanyak 234 mahasiswa. Sampel sebanyak 59 mahasiswa, data yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji coba. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 17,490 + 0,401X1 + 0,328X2. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Mata kuliah microteaching berhubungan signifikan terhadap praktik PPL, dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,789 > 2,003 dan nilai signifikan < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 52,3% dan sumbangan efektif sebesar 19,9%; 2) Minat menjadi guru berhubungan positif terhadap praktik PPL, dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,595 > 2,003 dan nilai signifikan <0,05, yaitu 0,012 dengan sumbangan relatif sebesar 47,7% dan sumbangan efektif sebesar 18%; 3) Mata kuliah microteaching dan minat menjadi guru berhubungan signifikan terhadap praktik PPL. Dapat diterima. Dengan menggunakan analisis regresi (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,140 > 3,162 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) hasil uji koefisien determinasi (R2) mata kuliah microteaching sebesar 0,305 sehingga dapat menunjukkan bahwa hubungan mata kuliah microteaching terhadap praktik PPL adalah sebesar 30,5%. Hasil uji koefisien determinasi (R2) mata kuliah microteaching dan minat menjadi guru sebesar 0,380 atau 38,0%. Sehingga dapat menunjukkan besarnya hubungan minat menjadi guru terhadap praktik PPL sebesar 7,5% (38,0% - 30,5%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mata Kuliah Microteaching (X1), Minat Menjadi Guru (X2) dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (Y)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2013 11:27
Last Modified: 28 Oct 2021 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23346

Actions (login required)

View Item View Item