Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Materi Ajar Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 2 Kelas XI SMA Terbitan Platinum 2008

Wandansari, Asih Dwi and , Prof.Dr. Markamah, M. Hum and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2013) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Materi Ajar Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 2 Kelas XI SMA Terbitan Platinum 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (494kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah__Publikasi.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaparkan bentuk dan kandungan nilai-nilai pendidikan karakter dan memaparkan pemahaman guru serta siswa terhadap nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada buku materi ajar Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku2 Kelas XI SMA terbitan Platinum 2008. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam buku materi ajar Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 2 XI SMA terbitan Platinum 2008 meliputi: religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, bersahabat atau komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, 2) Pemahaman terhadap nilai pendidikan karakter antara peneliti, guru, dan siswa memiliki kesamaan yaitu: pada nilai relegius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, komunikatif, peduli lingkungan, tanggung jawab. Pemahaman terhadap nilai pendidikan karakter yang berbeda antara guru dan siswa terletak pada nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, gemar membaca, dan peduli sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan karakter, buku materi ajar.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 27 Mar 2013 11:00
Last Modified: 30 Oct 2021 22:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23341

Actions (login required)

View Item View Item