Penggunaan Jargon Pada Iklan Minuman Ringan Di Televisi

Nugroho, Dimas Setyo Purwo and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. and , Drs.Andi Haris Prabawa,M.Hum. (2013) Penggunaan Jargon Pada Iklan Minuman Ringan Di Televisi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (552kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_IIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (770kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan bentuk jargon pada iklan minuman ringan di televisi, (2) mengetahui bentuk silogisme pada iklan minuman ringan di televisi periode 2012. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian berupa bentuk jargon pada iklan minuman ringan di televisi. Data yang diteliti dalam penelitian berupa wacana iklan minuman ringan di televisi. Sumber data primer dalam penelitian adalah iklan minuman ringan di televisi yang terdapat pada stasiun televisi Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam, simak, dan catat. Validitas data menggunakan trianggulasi metode dan trianggulasi teori. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan metode padan. Berdasarkan pembahasan dapat disimpulkan beberapa iklan yang mengandung bentuk jargon dan silogisme. Iklan yang mengandung bentuk jargon yaitu (a) Proman bentuk jargon Proman energenesis lima jam, (b) Ademsari bentuk jargon ademkan dengan ademsari, (c) Larutan Cap Kaki Tiga bentuk jargon Larutan ya Cap Kaki Tiga, (d) Larutan Cap Kaki Tiga Ustad bentuk jargon Larutan ya Cap Kaki Tiga, (e) C 1000 bentuk Jargon Healthy Inside Fresh Outside, (f) C 1000 bentuk jargon Healthy Inside Fresh Outside, (g) Coolant bentuk jargon badan sejuk aktifitas lancar, (h) Buavita jambu bentuk jargon temukan beragam manfaat buah, (i) Buavita jeruk bentuk jargon temukan bergam manfaat buah, (j) Ale-ale bentuk jargon Ale-ale anggur kesegaran baru dari sang juara, (k) Lemon Water bentuk jargon pengganti cairan tubuh rasakan bedanya, (l) Vitamin water bentuk jargon Vitamin water more than just water, (m) Country Choice Juice bentuk jargon Country Choice Juice, so natural, (n) E-Juss bentuk jargon E-juss stamina buah asli, (o) Ektra Joss bentuk jargon laki minum Ekstra joss, (p) Markisa bentuk jargon Asli segarnya Markisa asli, (q) Susu Jahe Sidomuncul bentuk jargon cinta deh, (r) Teh Botol Sosro bentuk jargon Sosro ahlinya teh, (s) Pocari Sweet bentuk jargon You sweet beautiful, (t) Kuku Bima Energi bentuk jargon roso, (u) Nutrisari bentuk jargon jeruk kok minum jeruk, (v) Teh Botol Sosro Ramadhan bentuk jargon Sosro ahlinya teh, (w) Teh Pucuk Harum bentuk jargon rasa teh terbaik ada di pucuknya, (x) Teh Pucuk Harum bentuk Jargon Rasa teh terbaik ada dipucuknya, (y) Ektra Joss bentuk jargon laki minum Ektra Joss.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jargon, Iklan, Silogisme.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2013 06:11
Last Modified: 30 Oct 2021 22:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23326

Actions (login required)

View Item View Item