Citraan Pada Kumpulan Puisi Pembawa Matahari Karya Abdul Hadi W.M Dan Pemaknaannya: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA

Sektiyani, Tri and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2013) Citraan Pada Kumpulan Puisi Pembawa Matahari Karya Abdul Hadi W.M Dan Pemaknaannya: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (943kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (452kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan citraan yang terkandung dalam kumpulan puisi Pembawa Matahari, (2) mendeskripsikan makna citraan dalam kumpulan puisi Pembawa Matahari karya Abdul Hadi W.M, (3) mendeskripsikan implementasi citraan dalam kumpulan puisi Pembawa Matahari sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah citraan dan pemaknaannya dengan tinjauan stilistika dan implimentasinya sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA dalam kumpulan puisi Pembawa Matahari. Sumber data yang diperoleh dari citraan kumpulan puisi Pembawa Matahari berjumlah 8 puisi yang diterbitkan oleh yayasan bentang budaya tahun 2002. Teknik pengumpulan data yakni, menggunakan Teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah model semiotik yakni, pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini adalah (1) pemanfaatan citraan dalam kumpulan puisi Pembawa Matahari. Citraan yang terdapat dalam kumpulan puisi Pembawa Matahari adalah (a) citraan penglihatan, (b) citraan pendengaran, (c) citraan gerakan, (d) citraan perabaan, (e) citraan penciuman, (f) citraan pencecapan, (g) citraan intelektual. (2) pemaknaan citraan pada kumpulan puisi Pembawa Matahari dari aspek religiusitas, yakni (a) dimensi iman (b) dimensi Islam (c) dimensi ihsan (d) dimensi ilmu (e) dimensi amal. (3) pemaknaan citraan pada kumpulan puisi Pembawa Matahari pesan moral ditemukan dua pesan moral, yakni (a) pesan moral kesabaran, (b) pesan moral kejujuran. Implementasi citraan pada kumpulan puisi Pembawa Matahari sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA. Standar kompetensi yang sesuai dengan penelitian ini yakni, berbicara 14. mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi. 14.1 membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi. Dilanjutkan 14.2 menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: citraan, kumpulan puisi Pembawa Matahari, kajian stilistika, bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2013 11:59
Last Modified: 30 Oct 2021 22:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23306

Actions (login required)

View Item View Item