Aji, Aminudin Winahyu and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Sambi Tahun Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (190kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (165kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan keaktifan siswa kelas X-I SMA Negeri 1 Sambi dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual, (2) meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Sambi dengan menggunakan media audiovisual. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini adalah data deskriptif yang berupa hasil puisi siswa, ungkapan, pernyataan, kata-kata tertulis, nilai hasil menulis puisi siswa, serta dokumentasi secara tertulis lainya seperti Silabus, RPP, dan materi pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan teknik komparatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi pada siklus I sebesar 56% (13 siswa), pada siklus II sebesar 91% (21 siswa). Jadi, mengalami peningkatan sebesar 35%. Kemampuan siswa dalam menulis puisi pada siklus I sebesar 43% (10 siswa), pada siklus II sebesar 87% (20 siswa). Jadi, kemampuan siswa dalam menulis puisi yang mencapai KKM 75 meningkat sebesar 44%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Menulis Puisi, Media Audiovisual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Mar 2013 07:11 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 03:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23288 |
Actions (login required)
View Item |