Peningkatan Motivasi Dan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (PTK PadaSiswakelas VIII F Semester I SMP Negeri 1 Masaran Tahun 2012/2013)

Rohmadianto, Rohmadianto and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Motivasi Dan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (PTK PadaSiswakelas VIII F Semester I SMP Negeri 1 Masaran Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Judul.pdf

Download (750kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (492kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan meningkatkanmotivasi dan komunikasi belajar matematikasiswamelalui pembelajaran kooperatif tipe STADpada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII FSMPNegeri 1 Masaran yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metodeobservasi, tes, catatan lapangan, dokumentasi danwawancara. Analisa data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisa sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan, dan dikembangkan selama pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) peningkatan motivasi belajar siswa diantaranya a) kesiapan mengikuti pelajaran sebelum penelitian (31,25%)setelah penelitian(78,12%), b) siswa memperhatikan penjelasan dari guru sebelum penelitian (43,75%)setelah penelitian(87,5%), c) siswa mengerjakan soal latihan dari guru sebelum penelitian (28,13%)setelah penelitian(75%), 2) peningkatan komunikasi belajar matematika siswa a) siswa mengajukan ide sebelum penelitian (6,25%)setelah penelitian(48,88%), b) siswa memberikan komentar sebelum penelitian (3,13%)setelah penelitian(56,25%), c) siswa bertanya sebelum penelitian (18,75%)setelah penelitian(65,63%), dan d) siswa menyetujui ide sebelum penelitian (12,5%)setelah penelitian(53,13%). Dengandemikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategipembelajarankooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan komunikasi belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe STAD, motivasi belajar matemtika komunikasi belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 22 Mar 2013 11:00
Last Modified: 27 Oct 2021 22:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23264

Actions (login required)

View Item View Item