APRILIA, ASNA and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Dengan Memberikan Umpan Balik Kuis Melalui Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) (Ptk Pada Peserta Didik Kelas Viii H Semester Genap Smp Negeri 2 Banyudono Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (720kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika dengan memberikan umpan balik kuis melalui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).Penelitian ini termasuk jenis penelitian PTK. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 2 Banyudono dengan jumlah murid 30 peserta didik dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan pendidik matematika kelas VIII H. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari proses analisis data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika dapat dilihat dari meningkatnya beberapa indikator motivasi belajar matematika peserta didik dalam hal: a) memperhatikan penjelasan pendidik saat proses pembelajaran berlangsung sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan 83,33%, b) antusias peserta didik dalam kerja kelompok sebelum tindakan 30% dan setelah tindakan 63,33%, c) antusias peserta didik dalam menjawab kuis yang diberikan pendidik sebelum tindakan 16,67% dan setelah tindakan 66,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan memberikan umpan balik kuis dapat meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 20 Mar 2013 12:12 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 21:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23209 |
Actions (login required)
View Item |