WAHYUNI, KHUSNIYATI and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd. (2013) Optimalisasi Kardus Bekas Sebagai Alat Peraga Untuk Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 5 Surakarta (Ptk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Viii Semester Genap Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (420kB) |
|
|
PDF (halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (712kB) |
|
|
PDF (bab 1)
BAB_I.pdf Download (100kB) |
|
PDF (bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
PDF (bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian, ditujukan untuk mendeskripsikan peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran melalui optimalisasi kardus bekas sebagai alat peraga. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian, siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta sebanyak 31 siswa. Obyek penelitian, komunikasi dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian, ada peningkatan komunikasi dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator komunikasi dan hasil belajar matematika yang meliputi : 1) berani menyampaikan pendapat sebelum tindakan 16,13% dan putaran II 70,96%, 2) menulis soal atau jawaban sebelum tindakan 29,03% dan putaran II 83,87%, 3) menggambar untuk memperjelas soal sebelum tindakan 19,35% dan putaran II 74,19%, 4) menjelaskan konsep-konsep yang berkaitan dengan pemecahan masalah sebelum tindakan 9,67% dan putaran II 54,83%, dan 5) siswa yang nilainya mencapai KKM sebelum tindakan 48,38% dan putaran II 93,54%. Simpulan penelitian, optimalisasi kardus bekas sebagai alat peraga dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, hasil belajar, alat peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 20 Mar 2013 10:59 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23189 |
Actions (login required)
View Item |