Pemaknaan Nilai Spiritual, Hak Asasi Manusia Dan Kritik Sosial Dalam Syair Lagu Ebiet Gad Untuk Keperluan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Hermeneutika pada Album Kompilasi Puisi dan Kehidupan)

Larasati, Kunti and , Drs. Achmad Muhibbin, M.Si.. (2013) Pemaknaan Nilai Spiritual, Hak Asasi Manusia Dan Kritik Sosial Dalam Syair Lagu Ebiet Gad Untuk Keperluan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Hermeneutika pada Album Kompilasi Puisi dan Kehidupan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (635kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (524kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana pemaknaan nilai spiritual, HAM dan kritik sosial dalam syair lagu Ebiet GAD untuk keperluan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi hermeneutika pada album kompilasi Puisi dan Kehidupan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, studi pustaka dan studi hermeneutika. Untuk menguji keabsahan datanya dengan cara triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan untuk menganalisis data melalui analisis hermeneutika, yaitu hermeneutika sebagai sistem penafsiran. Penelitian ini mengkaji muatan nilai spiritual, HAM dan kritik sosial pada syair lagu Ebiet GAD album kompilasi puisi dan kehidupan dengan masing-masing indikator. Setelah dilakukan penelitian terhadap album kompilasi puisi dan kehidupan, peneliti menemukan keterkaitan nilai spiritual yang tersirat pada lagu orang-orang terkucil, sebuah tragedi 1981, kesaksian anak sampah, cerita cinta suminah, isyu, gadis remang-remang, hidup 4, masih ada waktu, hidup 3, opera tukang becak, menjaring matahari, hidup 1, kembara lintas panjang, hidup 5, nilai spiritual dapat dikaitkan dengan materi norma agama, yang diajarkan pada siswa SMP kelas VII semester ganjil. Cakupan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar tersebut mengajarkan perilaku yang baik dan menampilkan sikap penerapan norma dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga mengandung makna HAM yang terdapat dalam lagu potret anak harapan dan sebuah tragedi 1981, materi HAM diajarkan pada siswa SMP kelas VII semester genap. Cakupan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar mengajarkan perilaku sesuai dengan upaya perlindungan dan penegakkan HAM. Peneliti juga menemukan keterkaitan kritik sosial pada lagu gadis remang-remang, potret anak harapan, potret hitam putih, opera tukang becak, isyu, langit terluka, materi ketaatan terhadap perundang-undangan nasional yang diajarkan pada siswa kelas VIII SMP semester ganjil. Cakupan tentang standar kompetensi dan kompetensi dasar tersebut mengajarkan tentang ketaatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan nasional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai spiritual, Hak Asasi Manusia, kritik sosial, syair lagu, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2013 10:47
Last Modified: 23 Oct 2021 04:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23187

Actions (login required)

View Item View Item