Setyono, Dwi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. (2013) Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (NAskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (546kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (569kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (71kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sebelum diadakannya penelitian terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas VII F yang berjumlah 29 siswa, sedangkan penelitian diadakan pada siswa kelas VII G yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tekni analisis data melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 6,35 dengan persentase kesalahan tahap I tergolong tinggi yaitu sebesar 65,16%, persentase kesalahan tahap II tergolong rendah yaitu sebesar 36,13%, persentase kesalahan tahap III tergolong tinggi yaitu sebesar 72,26%, Persentase kesalahan tahap I, II, dan III tergolong cukup tinggi yaitu sebesar 57,84%. Peneliti menyimpulkan bahwa tingkat kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial secara keseluruhan masih tergolong cukup tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Soal Cerita Matematika, Aritmetika Sosial. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Mar 2013 11:42 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23179 |
Actions (login required)
View Item |