Sucipto, Nur Qomariyansyah and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd. and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. (2013) Peningkatan Komunikasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Connecting, Organizing,Refleting, Extanding Pada Siswa Kelas X Pm I Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (633kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (927kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan komunikasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret melalui strategi pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extanding. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan yaitu siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian yaitu komunikasi belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian terdapat peningkatan komunikasi belajar matematika yang dapat dilihat dari peningkatan indikator komunikasi belajar matematika meliputi: 1) mampu berbicara, sebelum tindakan 33,33 %, putaran I 61,11%, dan putaran II 88,88 %, 2) mampu menulis ,sebelum tindakan 36,11 %, putaran I 55,55%, dan putaran II 77,77%, 3) mampu menggambar, sebelum tindakan 22,22 %, putaran I 38,88%, dan putaran II 61,11%, 4) mampu menjelaskan konsep-konsep, sebelum tindakan 11,11%, putaran I 27,77 %, dan putaran II 50%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extanding dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi , Connecting, Organizing, Reflecting, Extanding |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 19 Mar 2013 10:50 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 03:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23168 |
Actions (login required)
View Item |