Peranan Kegiatan Pramuka Dalam Mengembangkan Sikap Patriotisme (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Pelajaran 2012/2013)

Firsteyan, Mayga and , Drs. Suyahman, M.Si, MH. (2013) Peranan Kegiatan Pramuka Dalam Mengembangkan Sikap Patriotisme (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Girimarto Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang, (1) pelaksanaan pengembangan sikap patriotisme, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengembangkan sikap patriotisme, (3) peranan kegiatan pramuka dalam mengembangkan sikap patriotisme di SMP Negeri 1 Girimarto tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Subyek penelitian menggunakan key informan yang digunakan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penetapan validitas data dalam penulisan ini melalui trianggulasi data dan informan review, untuk menganalisis data yang terkumpul digunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pengembangan sikap patriotisme yaitu diberikan dalam bentuk eksternal dan internal. Melalui eksternal pihak sekolah bekerjasama dengan instansi lain untuk mengadakan berbagai kegiatan yang berfungsi mengembangkan sikap patriotisme. Misalkan upacara bendera hari kesaktian Pancasila pihak sekolah mengundang komandan Kodim Wonogiri sebagai pembina upacara, pihak sekolah juga bekerjasama dengan instansi lain yaitu Kodim Wonogiri, Muspika dan kepala Dispen Wonogiri untuk mengadakan penyuluhan tentang pemahaman bela negara, patriotisme dan pendidikan karakter bangsa. Upaya internal melalui pelaksanaan upacara bendera hari senin yang secara rutin dilaksanakan, para guru menyisipkan nilai-nilai patriotisme dalam proses pembelajaran, serta diadakannya lomba paduan suara lagu-lagu nasional dan lomba PBB antar kelas. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengembangkan sikap patriotisme, yaitu faktor eksternal terdiri dari lingkungan, pergaulan siswa, dan media elektronik sedangkan faktor internal adalah keluarga dan diri pribadi. Selain kedua faktor tersebut faktor kedisiplinan siswa dan tata tertib sekolah juga berpengaruh dalam mengembangkan sikap patriotisme pada diri siswa.(3) peranan kegiatan pramuka dalam mengembangkan sikap patriotisme di SMP Negeri 1 Girimarto tahun pelajaran 2012/2013. Kegiatan pramuka mampu mengembangkan sikap patriotisme pada siswa SMP Negeri I Girimarto. Kegiatan pramuka mampu menjadikan diri para siswa untuk memiliki sikap rela berkorban kepada bangsa dan negara, mencintai produk Indonesia, mencintai identitas nasional, mencintai budaya nasional, dan peduli terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan pramuka, sikap patriotisme.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Mar 2013 07:35
Last Modified: 23 Oct 2021 04:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23144

Actions (login required)

View Item View Item