Pengaruh Partisipasi Anggaran, Gaya Kepemimpinan, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kesenjangan Anggaran (Studi Kasus Pada PDAM Kota Salatiga)

LISTYANINGSIH, DEWI ANGGRAENI and , Drs. Suyatmin Waskito Adi, M.Si (2013) Pengaruh Partisipasi Anggaran, Gaya Kepemimpinan, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kesenjangan Anggaran (Studi Kasus Pada PDAM Kota Salatiga). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (888kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh partisipasi anggaran, gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi secara simultan dan secara parsial terhadap kesenjangan anggaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PDAM Kota Salatiga, sampel yang diambil adalah karyawan yang terlibat dalam penyusunan anggaran di PDAM Kota Salatiga sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linier berganda (multiplelinear regression). Hasil analisis data bahwa secara keseluruhan menunjukkan bahwa partisipasi anggaran, gaya kepemimpinan, dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kesenjangan anggaran (p = 0,000). Nilai adjusted R2 = 0,600 berarti sebesar 60% variabel kinerja dapat dijelaskan oleh variabel partisipasi anggaran, gaya kepemimpinan, dan komitmen organisasi. Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh partisipasi anggaran mempunyai pengaruh negatif terhadap kesenjangan anggaran dengan tingkat signifikansi probabilitasnya (p = 0,040) dan nilai p<0,05 yang berarti semakin tinggi tingkat partisipasi anggaran maka akan mengurangi kesenjangan anggaran. Pengujian hipotesis kedua diperoleh hasil gaya kepemimpinan berpengaruh negatif terhadap kesenjangan anggaran dengan tingkat signifikansi probabilitasnya (p = 0,040) dan nilai p<0,05 yang berarti semakin baik gaya kepemimpinan maka akan mengurangi kesenjangan anggaran. Adapun pengujian hipotesis ketiga komitmen organisasi tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kesenjangan anggaran dengan nilai probabilitas (p = 0,533) dan nilai p<0,05 setiap terjadinya peningkatan komitmen organiasi maka akan tidak mengurangi kesenjangan anggaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, kepemimpinan, komitmen, kesenjangan anggaran, PDAM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 11 Mar 2013 12:27
Last Modified: 01 Nov 2021 00:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23100

Actions (login required)

View Item View Item