Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri 02 Sedayu Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Hidayah, Robi'ah Nur and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri 02 Sedayu Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikaai)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (483kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaan guru harus dapat memilih dan menggunakan metode yang tepat. Metode Demonstrasi sangat tepat untuk meningkatkan keaktifan siswa khususnya pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru sendiri dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Sedayu, Jumantono, Karanganyar, yang berjumlah 29 siswa. Teknik Pengumpulan Data dengan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan test. Prosedur penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah pada hipotesis yaitu Metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa pada kelas IV pada mata pelajaran IPA SD Negeri 02 Sedayu Jumantono Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 Hasil analisa data menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre test siswa kurang bersemangat dan antusias dalam pembelajaran IPA. Pengamatan keaktifan belajar siswa (1) sebelum menggunakan metode demonstrasi, pada lembar keaktifan pembelajaran konvensional menunjukkan rata-rata 2,98 yang mengindikasikan masih rendahnya keaktifan siswa, (2) setelah penggunaan metode demonstrasi, terjadi peningkatan yang signifikan terhadap keaktifan belajar siswa yang pada siklus I, metode demonstrasi diterapkan belum melibatkan secara aktif siswa, diperoleh rata-rata nilai aktifitas siswa 4,069, dan pada siklus II, metode demonstrasi diterapkan dengan melibatkan siswa secara aktif, diperoleh nilai rata-rata 4,345. Hal ini membuktikan bahwa metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA benar-benar berpengaruh pada peningkatan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 02 Sedayu, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, demonstrasi, meningkat
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2013 11:45
Last Modified: 29 Oct 2021 05:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23055

Actions (login required)

View Item View Item