Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Peserta Didik Kelas IV SD N Ngebung 1 Kalijambe Sragen Tahun 2012/2013

Umami, Ovi Fauziah and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Proses Pembelajaran PKn Pada Peserta Didik Kelas IV SD N Ngebung 1 Kalijambe Sragen Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI'.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (436kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran PKn melalui metode role playing pada peserta didik kelas IV SD N Ngebung 1 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen tahun 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) karena penelitian ini berupa suatu tindakan dengan menggunakan metode role playing untuk mengatasi permasalahan rendahnya keaktifan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi tindakan model siklus yang bertahap dan berkelanjutan sampai memperoleh hasil yang telah ditetapkan. Subyek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa Kelas IV. Obyek penelitian adalah metode Role Playing dan Keaktifan. Teknik pengumpulan data yang digunakan sebagai alat untuk mengumpulkan data secara lengkap sehubungan dengan masalah yang diteliti, menggunakan pengumpulan data dengan teknik nontes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. pada penelitian ini validitas data menggunakan validitas Triangulasi. Teknik triangulasi merupakan suatu teknik pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Analisis data yang digunakan adalah model alir, yaitu: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian Data dan Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindak kelas yang telah dilaksanakan dalam siklus dengan menggunakan metode role playing dalam pembelajaran PKn pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ngebung 1Kalijambe Sragen dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: metode Role Playing dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn pada peserta didik kelas IV SD N Ngebung 1 Kalijambe Sragen tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata kemampuan meningkatkan keaktifan pembelajaran PKn pada peserta didik yang mengalami peningkatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Keaktifan, PKn.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 Mar 2013 05:31
Last Modified: 29 Oct 2021 04:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23016

Actions (login required)

View Item View Item