Penerapan Strategi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri I Baleharjo Tahun Ajaran 2012/ 2013

Arifah, Binti and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri I Baleharjo Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (913kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika dengan penerapan strategi Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri I Baleharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri I Baleharjo dengan jumlah 20 siswa. Prosedur penelitian meliputi dialog awal, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Pada kondisi pra tindakan aktivitas belajar siswa yang tinggi hanya ada 8 siswa (40%) meningkat pada pelaksanaan siklus 1 menjadi 13 siswa (65%) pada siklus 2 meningkat menjadi sebanyak 17 siswa (85%). Dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa maka hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus 1 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM ada 14 siswa (70%) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 17 siswa (85%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri I Baleharjo tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, strategi Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Mar 2013 11:08
Last Modified: 29 Oct 2021 15:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23004

Actions (login required)

View Item View Item