Prakasiwi, Rindang and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Ngabenrejo Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (281kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (345kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Ngabenrejo Grobogan melalui penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Ngabenrejo Grobogan yang berjumlah 25 siswa. Penelitian diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Validitas data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan juga validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi pecahan. Peningkatan motivasi terlihat dalam 3 indikator, yaitu ulet menghadapi kesulitan, lebih senang bekerja mandiri, dan dapat mempertahankan pendapatnya. Pada indikator ulet menghadapi kesulitan pada prasiklus 36% pada siklus I 60% pada siklus II 76%. Lebih senang bekerja mandiri pada prasiklus 44% pada siklus I 56% pada siklus II 84%. Dapat mempertahankan pendapatnya pada prasiklus 20% pada siklus I 32% pada siklus II 76%. Selain peningkatan motivasi, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 20% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I sebesar 44%, dan diakhir tindakan pada siklus II sebesar 80%. Penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri 2 Ngabenrejo Grobogan tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | think-talk-write (TTW), motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 10:51 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 15:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23002 |
Actions (login required)
View Item |