Nurjanah, Inna and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Senting Sambi Boyolali Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (636kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (329kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (875kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (587kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Senting yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS pada materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajah. Hasil ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian keaktifan. Indikator pencapaian keaktifan siswa pada siklus akhir yaitu siklus II yaitu pada pertemuan I keaktifan bertanya siswa yaitu 9 siswa atau 69,23%, pada pertemuan II meningkat menjadi 11 siswa atau 84,61%, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan pada pertemuan I yaitu 10 siswa atau 76,92%, pada pertemuan II meningkat menjadi 12 siswa atau 92,30%, keaktifan dalam memberi gagasan pada pertemuan I yaitu 9 siswa atau 69,23%, pada pertemuan II meningkat menjadi 10 siswa atau 76,92%, keaktifan berpartisipasi dalam membuat simpulan pada pertemuan I yaitu 8 siswa atau 61,53%, pada pertemuan II meningkat menjadi 11 siswa atau 84,61%. Rata-rata prosentase keaktifan siswa pada siklus II pertemuan I sebesar 69,22% dan pertemuan II sebesar 84,61% Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Everyone Is A Teacher Here, Keaktifan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 10:00 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 13:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22995 |
Actions (login required)
View Item |