Widyastuti, Endang and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd. (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Bahasa Indonesia Melalui Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Siswa Kelas IV Sd N 1 Jagoan Sambi Boyolali Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (547kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (499kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SD N 1 Jagoan Sambi Boyolali melalui penerapan metode Cooperative Integrated Readinga and Composition (CIRC). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Jagoan Sambi Boyolali yang berjumlah 18 siswa.Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model-model analisis interaktif yang terdiri dari sajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca intensif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi membaca intensif. Peningkatan kemampuan membaca intensif tersebut terlihat dalam 2 indikator yaitu pemahaman isi dan penyimpulan isi bacaan.Pada indikator pemahaman isi dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam mencari ide pokok paragraf dalam bacaan.Pada indikator penyimpulan isi dapat dilihat dari kemampuan siswa membuat kesimpulan dari paragraf atau bacaan.Indikator pemahaman isi pada siklus I 66,67% meningkat pada siklus II yaitu 83,33%.Indikator penyimpulan isi bacaan siklus I 77,78% meningkat pada siklus II menjadi 88,89%.Selain peningkatan indikator kemampuan membaca intensif, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu tingkat ketuntasan belajar pra siklus hanya mencapai 33,33% atau 6 siswa, kemudian pada siklus I mencapai 12 siswa atau 66,67%, dan meningkat pada siklus II mencapai 16 siswa atau 88,89%.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Jagoan Sambi Boyolali tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Integrated Reading and Composition, kemampuan membaca intensif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2013 09:35 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 13:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22992 |
Actions (login required)
View Item |