Peningkatan minat dan hasil belajar siswa melalui Metode modeling the way dalam pembelajaran ipa Materi sistem peredaran darah pada siswa kelas v Sd muhammadiyah 10 tipes surakarta Tahun ajaran 2012/2013

Fatmawati, Alri Anita and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan minat dan hasil belajar siswa melalui Metode modeling the way dalam pembelajaran ipa Materi sistem peredaran darah pada siswa kelas v Sd muhammadiyah 10 tipes surakarta Tahun ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (386kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab 2)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (bab 3)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (bab 4)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] PDF (bab 5)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (344kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes melalui metode pembelajaran Modeling The Way. Jenis Penelitian ini adalah PTK. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki – laki, dan 19 siswa perempuan. Metode penguumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Peningkatan minat terlihat dalam 5 aspek yaitu Ketahanan siswa dalam menerima pembelajaran pada pra siklus sebanyak 12 siswa atau sebesar 28,57%, Siklus I sebesar 30 siswa atau sebesar 71,43%, dan siklus II sebanyak 34 siswa atau sebesar 80,96 %. Rasa ingin tahu siswa yang tinggi pada pra siklus sebanyak 11 siswa atau sebesar 26, 19%, pada siklus I sebanyak 32 siswa atau sebesar 76,20%, pada siklus II sebanyak 37 atau sebesar 88,09%. Objek-objek atau kegiatan yang disenangi siswa dalam menerima pembelajaran pada pra siklus sebanyak 13 siswa atau sebesar 30,95%, pada siklus I sebanyak 33 siswa atau sebesar 78,58%, pada siklus II sebanyak 36 siswa atau sebanyak 85,71%. Usaha siswa dalam menguasai materi pada saat proses KBM pada pra siklus sebanyak 10 siswa atau sebesar 23,81%, pada siklus I sebanayak 31 atau sebesar 73, 80%, pada siklus II sebanyak 35 atau sebesar 83,33 %. Rasa senang yang diperlihatkan siswa ketika mengikuti pembelajaran pada pra siklus sebanyak 14 siswa atau sebesar 33,33%, pada siklus I sebanyak 33 siswa atau sebesar 78,58%, pada siklus II sebanyak 38 siswa atau sebesar 90,48%. Peningkatan minat dan hasil belajar siswa dapat dibuktikan dari data yang diperoleh pada pra siklus sebanyak 20 siswa atau sebesar 47, 62% mengalami ketuntasan, siklus I sebanyak 31 siswa atau sebesar 73, 80% mengalami ketuntasan, pada siklus II prosentase ketuntasan yang diperoleh sebanyak 35 siswa atau sebesar 83, 33%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran Modeling The Way dapat meningkatkan minat dan hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran modeling the way, minat, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 05 Mar 2013 11:28
Last Modified: 28 Oct 2021 10:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22981

Actions (login required)

View Item View Item