Implementasi Jaminan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Miskin di Kota Surakarta (Studi Kasus di Kelurahan Pajang Kecamatan Laweyan Kota Surakarta)

Pujianto, Wawan and , Dra. Sri Arfiah, SH, M.Pd (2013) Implementasi Jaminan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Miskin di Kota Surakarta (Studi Kasus di Kelurahan Pajang Kecamatan Laweyan Kota Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (842kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (331kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi jaminan kesejahteraan sosial masyarakat miskin di Kelurahan Pajang Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penilitian kualitatif dengan strategi penelitian berupa studi kasus. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa, serta dokumen mengenai implementasi jaminan kesejahteraan sosial masyarakat miskin. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi yang berbentuk check list, dan pedoman dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber data, dan trianggulasi metode atau teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemiskinan di Kelurahan Pajang Kecamatan laweyan Kota Surakarta disebabkan oleh tingkat penghasilan yang rendah dan tidak menentu. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah Kota Surakarta mengimplementasikan program yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesejahteraan sosial bagi masyarakat miskin yang belum terdaftar dalam program Jamkesmas, Askes PNS, maupun askes sosial lainnya melalui program PKMS (Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta) dan program BPMKS (Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta). Pelaksanaan program PKMS (Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta) berdasarkan Peraturan Walikota Surakarta Nomor 25 Tahun 2010 tentang Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) jo Peraturan Walikota Surakarta Nomor 3-B Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Peraturan Walikota Nomor 25 Tahun 2010 tentang Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS), selanjutnya pelaksanaan program BPMKS (Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta) berdasarkan Peraturan Walikota Surakarta Nomor 6-B Tahun 2011 tentang Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS). Program-program tersebut mampu memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan kepada masyarakat secara lebih baik, sehingga terwujud masyarakat yang sehat, cerdas, dan sejahtera.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, jaminan kesejahteraan sosial, masyarakat miskin.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 04 Mar 2013 11:55
Last Modified: 23 Oct 2021 03:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item View Item