Peningkatan Keaktifan Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Peta Dan Globe Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 01 Tawangsari Tahun Pelajaran 2012/2013

Sumini, Sumini and , Drs. Suwarno, SH, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Peta Dan Globe Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 01 Tawangsari Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN..pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (445kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan bahwa penggunaan media peta dan globe dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VI SD Negeri 01 Tawangsari Tahun pelajaran 2012/2013. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SDN 01 Tawangsari yang berjumlah 22 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti (guru), sedang obyek penelitian yaitu keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, tes catatan lapangan dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa pada setiap siklus, kondisi awal 32,72%, meningkat 53,63% pada siklus I putaran pertama, meningkat 82,72% pada siklus I Putaran kedua. Kemudian pada Siklus II juga mengalami peningkatan pada putaran pertama 86,16%, pada putaran kedua meningkat 92,45%. Dan hasil belajar pada kondisi awal 40,90% mengalami peningkatan 59,09.% pada siklus 1Putaran Pertama dan 77,27 % pada siklus I Putaran kedua. Kemudian pada Siklus II Putaran pertama 86,36 %, meningkat menjadi 95,45% pada siklus II Putaran kedua. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media peta dan globe dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas VI SD Negeri 01 Tawangsari kecamatan kerjo tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan , belajar Siswa, peta dan globe
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Mar 2013 06:32
Last Modified: 01 Nov 2021 14:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22929

Actions (login required)

View Item View Item