Puspitasari, Marita and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2013) Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Mergomulyo Ngadiluwih Matesih Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013 (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lmapiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak TK Aisyiyah Mergomulyo, Ngadiluwih, Matesih, Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan mulai bulan Juni 2012 sampai bulan Desember 2012 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Mergomulyo. Data yang dikumpulkan berupa peningkatan rasa percaya diri melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri anak dengan menggunakan metode bercerita dengan boneka tangan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus III. Kemampuan anak meningkat dari prasiklus 46,5% menjadi 61,25 % pada siklus I, Siklus II 70,12%, dan pada siklus III manjadi 78,37%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode bercerita dengan boneka tangan dapat meningkatkan rasa percaya diri anak keompok A TK Aisyiyah Mergomulyo, Ngadiluwih, Matesih, Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode bercerita, rasa percaya diri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Mar 2013 06:09 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 12:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22917 |
Actions (login required)
View Item |