MUFIDAH, ANIS and , Dra. Surtikanti, S.H, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Bahasa Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Celemek Ajaib Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Dungbang Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (482kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (353kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan bahasa melalui kegiatan bermain dengan media celemek ajaib pada anak kelompok B TK Aisyiyah Dungbang tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan November 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Aisyiyah Dungbang. Data yang dikumpulkan berupa kemampuan bahasa anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan media Celemek Ajaib dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak melalui kegiatan bermain dengan media Celemek Ajaib mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata pencapaian kemampuan bahasa anak meningkat dari prasiklus 45,16% menjadi 69,83% pada siklus I, Siklus II manjadi 81,33%. Jumlah anak yang mencapai prosentase keberhasilan 75% juga meningkat dari 13,34% di prasiklus, 46,67% di siklus I, dan 86,66% di siklus II. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan Celemek Ajaib dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak kelompok B TK Aisyiyah Dungbang. Jumlah anak yang mencapai prosentase pencapaian telah memenuhi indikator pencapaian yaitu apabila sekurangnya 75% jumlah anak mampu mencapai posentase pencapaian sebesar 75%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bermain, media, celemek ajaib, kemampuan bahasa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 12:02 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 06:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22914 |
Actions (login required)
View Item |