ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI DALAM USAHA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA CV. KARUNIA RAFMA DI SUKOHARJO

MUFLICHAH, INAYATI RAKHMI (2008) ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI DAN PROMOSI DALAM USAHA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA CV. KARUNIA RAFMA DI SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030216.pdf

Download (183kB)
[img] PDF
B100030216.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)

Abstract

Perusahaan didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan volume penjualan, mempertinggi daya saing dan meminimkan biaya produksi untuk mencapai laba yang maksimal. Perkembangan perusahaan dan laba yang dicapai perusahaan dapat digunakan sebagai ukuran terhadap keberhasilan kerusahaan dalam menjalankan aktivitas yang berkenaan dengan operasinya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah : “Apakah biaya saluran distribusi dan biaya promosi mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan?”. Sedangkan hipotesis yang diajukan penulis adalah diduga terdapat pengaruh antara biaya distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan dan diduga biaya distribusi mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap volume penjualan. Berdasarkan pengolahan data dengan bantuan komputer program SPSS 10.0 for windows diperoleh persamaan regresi linear berganda LogY = -6,827 + 1,993 LogX1 + 0,06342 LogX2. Berdasarkan uji t diketahui bahwa variabel biaya distribusi (X1) mempunyai nilai t-hitung sebesar 11,505 dengan t-tabel sebesar 1,960 ( t-hitung > t-tabel ). Hipotesis H0 ditolak, yang berarti biaya distribusi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Serta biaya promosi (X2) mempunyai nilai t-hitung sebesar 2,823 dengan t-tabel sebesar 1,960 sehingga ( thitung > t-tabel ). Hipotesis H0 ditolak, yang berarti biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan. Hasil pehitungan tersebut menjawab hipotesis kedua dimana biaya distribusi mempunyai variabel yang mempunyai pengaruh lebih besar dibandingkan biaya promosi dengan nilai t-hitung sebesar 11,505 dan beta sebesar 0,796. Berdasarkan uji F untuk pengaruh secara bersamasama, diketahui bahwa F-hitung sebesar 81,508 dengan F-tabel sebesar 3,15 ( F-hitung > F-tabel ). Hipotesis H0 ditolak, yang berarti variabel distribusi serta biaya promosi secara bersama-sama atau serentak berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan. Dari hasil analisis data diperoleh R2 sebesar 0,741. Ini menunjukkan bahwa variabel biaya distribusi dan biaya promosi mempunyai kontribusi pengaruh terhadap variabel volume penjualan sebesar 74,1%. Sedangkan sisanya sebesar 25,9% mendapat kontribusi dari penjualan lain yang tidak penulis teliti. Kesimpulan dari hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama dan kedua adalah terbukti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: saluran istribusi, promosi, volume penjualan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 08 Jun 2009 08:45
Last Modified: 17 Nov 2010 00:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item